artikel | catatan | sekadar komentar | tentang media

Buku: Radio, Riset Khalayak, dan Persaingan Media

Diterbitkan oleh UNESCO Jakarta
November, 2003
Editor: Yunita Mandolang

Pengantar Editor. Saat pertama kali manusia berhasil mendarat di  bulan, Jeihan, seorang pelukis asal Solo, spontan bereaksi dengan menulis puisi yang berjudul “Buat Kau D. Sudiana”. Jeihan memulai  baris pertama sajaknya dengan angka-angka 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9, lalu disusul kalimat bulan kehilangan magis. Menurut Jakob Sumardjo, seorang pengamat sastra, deretan angka-angka itu adalah lambang kuantitas. Segala sesuatu terukur dengan derajat kepastian yang sahih. Tiba-tiba bulan kehilangan magis.

Bulan adalah lambang sesuatu yang belum terungkap misterinya secara kuantitatif. Dan ketika manusia sudah mendarat di bulan, maka bulan yang misterius itu sudah bukan hal yang asing lagi. Mitos bulan sebagai puteri cantik, gugur sudah. Tergantikan hamparan padang pasir yang luas, gersang, dingin dan sepi.

Memikirkan bulan nan cantik seperti layaknya yang terlihat dari bumi, tentu jauh lebih menyenangkan daripada mengetahuinya sebagai benda angkasa yang bopeng. Saat performa radio diukur melalui riset dan diterjemahkan melalui angka, reaksi yang mirip terjadi. Utamanya bila temuan riset tidak membuktikan gambaran baik tentang stasiun radio, sesuai dengan asumsi yang ada sebelumnya.

Angka-angka hasil riset kemudian mampu menciptakan identitas pada sebuah radio, yaitu nomor wahid atau nomor buncit. Dengan penomoran itu, stasiun radio langsung jadi bagian dari sebuah daftar yang tidak lagi ada di tangan si pemilik. Si pemilik tiba-tiba kehilangan otoritasnya dalam menggambarkan sosok radionya. Jika sebuah radio mengaku diri sebagai radio yang memiliki banyak pendengar dan kesemuanya mempunyai daya beli tinggi, maka pernyataan tersebut baru dapat dipercaya bila hasil riset juga mencerminkan hal yang sama. Dengan demikian, riset telah menyisihkan pentingnya perbedaan: keadaan sebenarnya atau imajinasi.

Pergulatan radio komersial dalam menghadapi hasil riset khalayak, melibatkan lembaga pelaksana riset, biro iklan dan pengiklan, sebagai pihak yang paling merasa berkepentingan untuk mengetahui siapa dan berapa orang yang mendengarkan. Untuk mengatasi rasa tidak puas terhadap hasil riset dan menghadapi kuasa pengiklan atas radio–dalam hal radio sebagai media iklan sekaligus obyek riset–diperlukan pemahaman akan tujuan dan kebutuhan masing-masing pihak dalam melaksanakan dan menggunakan riset. Untuk itulah buku ini disusun.

Buku ini tidak dimaksudkan untuk memuat penjelasan tentang teori-teori riset khalayak radio dan mempublikasikan hasil risetnya. Buku ini bertujuan untuk membekali pengelola radio dalam memahami persoalan yang ada di seputar riset khalayak, maksud dan kegunaannya bagi pengembangan radio, perannya dalam persaingan media, termasuk pro-kontra yang menyertainya.

Bab 1 antara lain memaparkan hal-hal yang telah diteliti oleh Nielsen Media Research–sebuah lembaga di bawah naungan ACNielsen–berikut metode riset khalayak yang digunakan. Pembaca bisa mendapat gambaran tentang sisi-sisi mana saja dari radio yang telah diketahui pihak luar, termasuk pengiklan, dengan menggunakan data hasil riset 2002. Bab ini dilengkapi dengan tanya jawab yang memuat isu tentang validitas riset yang sering dipertanyakan oleh insan radio.

Bab 2 mengetengahkan fakta bahwa ada radio-radio yang sudah memahami riset khalayak, bukan lagi pada tingkatan arti penting riset, tapi justru sudah menangguk keuntungan dari hasil riset yang telah dilakukannya. Errol Jonathans, direktur siaran radio Suara Surabaya mengetengahkan proses peralihan pendekatan pengembangan bisnis radio Suara Surabaya, dari instinct menuju scientific, yang ternyata telah mendukung keberhasilan radio dalam mengemas program radio hingga mampu menempatkan diri sebagai radio yang mempunyai harga iklan tertinggi sekaligus memperoleh angka pendapatan iklan terbesar di Indonesia.

Chandra Novriadi, komisaris Masima Corporation memaparkan pentingnya riset dari sudut pemasaran. Melalui penjelasannya, pemain bisnis radio kembali diingatkan untuk mengamati dimensi lingkungan bisnis masa kini sembari mengenali model bisnis radio swasta yang masih sering salah dipahami. Bab dua ini dilengkapi pula dengan tanya jawab yang berkisar pada pengalaman kedua radio dalam melakukan riset mandiri, juga dalam menindaklanjuti hasil riset untuk pengembangan program dan aktifitas pemasarannya.

Bab 3 adalah giliran perusahaan periklanan memaparkan betapa kebutuhan akan riset khalayak adalah hal mutlak demi meyakinkan klien sekaligus mengukur keberhasilan strategi pemasangan iklan. Pada bagian ini pembaca dapat memahami bagaimana hasil dari berbagai riset diolah kembali sedemikian rupa, agar pengalokasian iklan tidak meleset baik biaya yang dikeluarkan, jumlah spot iklan, waktu penyiaran, pemilihan media maupun khalayak yang dituju.

Achjuman A. Achjadi, managing director Starcom, banyak mengungkap faktor-faktor yang membuat radio kalah bersaing dengan media lain. Paparannya dilengkapi oleh Gunadi Sugiharso, presiden direktur Lowe Indonesia dan chairman Initiative Media Indonesia yang membagi temuannya tentang perubahan pada industri radio di Indonesia, sehingga membuat pengiklan makin bergantung pada riset. Bahasannya menggugah para pengelola radio agar menyadari potensi radio yang selama ini ada, namun belum digali maksimal untuk mencapai keberhasilan finansial.

Buku ini disusun dari bahan presentasi di Seminar Riset Khalayak 2002, yang pada tiap bagiannya, editor memperkaya bahasannya dengan materi yang didapat dari berbagai buku dan internet. Penambahan tabel, grafik dan analisis juga dilakukan untuk memudahkan pembaca dalam memahami persoalan.

Bab 4 memuat catatan akhir sebagai penutup. Beberapa hal yang dikemukakan antara lain: bagaimana hasil riset khalayak di tingkat internasional juga tidak lolos dari kritik, siapa sebenarnya pemrakarsa riset, dan bagaimana teknologi dimanfaatkan untuk meningkatkan akurasi hasil riset. Dari catatan tersebut, pembaca dapat melengkapi pemahaman tentang isu yang berkembang seputar riset khalayak radio, yang tidak terungkap pada bab-bab sebelumnya.

Riset khalayak tentu tidak melulu berkaitan dengan masalah bisnis sehingga khalayak hanya bisa dianggap sebagai pasar semata. Namun, reaksi dalam menyikapi riset khalayak radio tetap beragam. Sebagian skeptis. Sebagian lagi menganggap bahwa segala hal yang terkait dalam pelaksanaan dan penggunaan riset khalayak adalah langkah untuk mengatasi perkembangan dunia media, dan usaha untuk menyejajarkan radio dengan mitra bisnisnya. Sebuah reaksi yang mirip ketika Matt Wallace menyaksikan Apollo 11 mendarat di bulan.

Waktu itu, Wallace baru berumur delapan tahun. Seperti layaknya bocah laki-laki lain seusianya, ia pun terkesan pada film-film roket, antariksawan, dan dunia mahluk luar angkasa, sesuatu  yang oleh orang tuanya dianggap fiksi-ilmiah, tapi bagi Wallace adalah  suatu hal yang betulan. Dan, pada 20 April 1969, ia menyaksikan manusia pertama melangkah di bulan. Flash Gordon jadi Neil Armstrong! Sejak itu, Wallace yang  tinggal di Greensboro, North Carolina, merasakan bahwa dirinya telah menjadi bagian dari mahluk penjelajah angkasa.

50 responses

  1. bgm mendapatkan buku ini yah

    September 11, 2006 at 4:48 AM

  2. Datang aja ke UNESCO Jakarta House, Jl. Galuh (II) No. 5, Kebayoran Baru. Tinggal bilang aja, kapan mau datang untuk ambil bukunya. Take care,

    September 11, 2006 at 9:45 AM

  3. anna

    saya sangat tertarik dengan buku pengantar riset khalayak. kebetulan saya sangat membutuhkan buku seperti itu. bagaimana caranya saya bisa mendapatkan buku tersebut, karena posisi saya/tempat tinggal saya ada di yogya, dan kalau memang dijual, berapa harganya. terima kasih

    October 5, 2006 at 9:21 AM

  4. ponco

    di buku ini dijelaskan tentang iklan 30 detik ga?
    kapan buku ini masuk ke semarang?

    November 8, 2006 at 8:40 AM

  5. Elsa

    Saya ingin membeli buku memahami khalayak anda dan radio, riset, khalayak dan persaingan media. Boleh saya tahu harganya dan dimana saya bisa mendapatkannya selain di UNESCO?? Saya memang tinggal di jakarta tapi masih baru, jadi belum tahu daerah..
    Terimakasih sebelumnya..

    November 28, 2006 at 3:17 AM

  6. susie

    Saya ingin mendapatkan buku ini, bisa tidak dikirim ke cimahi. Berapa harganya plus ongkos kirim. Thanks

    December 1, 2006 at 2:42 PM

  7. Untuk Anna:
    Saya akan ke Yogya tgl 14-15 Desember 2006 ini.
    Apakah Anda bersedia meninggalkan alamat dan no. telpon Anda di email saya?
    Kirim saja ke n_mandolang@yahoo.com

    Saya tunggu.

    December 6, 2006 at 6:40 AM

  8. iyang

    dear nit_nit….

    aku lg skripsi n butuh bgt data radio. all about radio lah pokonya. khususnya persaingan radio remaja di jakarta tahun 2005-2006. emmm… punya ga data terbarunya, ya paling ga data di tahun2 terakhir.help me pliz.oia, harga anda bukunya brapa ya?
    thanks before.

    January 30, 2007 at 11:58 AM

  9. halo Iyang,

    banyak sekali yang ingin mengangkat industri radio dalam skripsi. senang juga, banyak yang tertarik.

    maaf, data yang iyang butuhkan tidak ada pada saya. saya yakin, iyang bisa memburunya sendiri ke radio-radio yang bersangkutan. dicoba saja. pasti ada aja radio-radio yang mau memberikan data pendengar mereka. karena pada akhirnya, mereka juga akan bisa menarik benefit dari analisis yang dibuat Iyang dalam skripsi.

    buku saya tidak dijual. kalau Iyang tinggal di Jakarta, bisa diambil di kantor saya, Jl. Galuh II No. 5, Kebayoran Baru, Jakarta. Request aja ke sini: n_mandolang@yahoo.com

    February 9, 2007 at 10:04 AM

  10. Helmi Yudit

    allOw mbak nita
    aku kebetulan lagi butuh referensi lengkap tentang riset pendengar, sekaligus untuk bahan sekripsi hehe n aku tertarik utk ngedapetin buku ini. Tapi posi2 aku di Malang JaTim..nah loh, trus piye aku bisa ngedapetin buku ini dan hargane brapa?
    Demikian. Atas perhatian dan infonya, saya ucapkan banyak rejeki dan terimakasih… Λ_ Λ

    March 5, 2007 at 9:11 PM

  11. Helmi, thanks sudah mampir ke sini.

    Buku ini tidak dijual. Kalau kebetulan suatu saat Helmi atau teman Helmi main ke Jakarta, silakan hubungi saya. Atau, mungkin Helmi bisa meminjam buku ini, juga buku lain yang membahas metode riset khalayak, ke Radio Andalus di Malang. Unesco, penerbit buku ini pernah memberikan pelatihan riset khalayak pada beberapa radio di Indonesia, termasuk radio Andalus. Mungkin, mereka masih menyimpannya dan Helmi diperbolehkan meminjamnya. Semoga.

    Good luck!

    March 7, 2007 at 11:38 AM

  12. Hai Helmi, apa kabar?
    Bagaimana? Apakah buku itu cukup membantu?
    Maaf, kemarin tidak sempat langsung bertemu.

    cheers,

    May 1, 2007 at 10:46 AM

  13. Arif

    Nit…pa kabar…oks jgua tulisan lw.
    sehat ka nit…?.masih ingat kan ma ak…!.
    masak yang pernah siaran di PAS Fm gak ingat ma kita orang…?
    kirimin buku lw dong…ntr gw koleksi.

    October 5, 2007 at 9:34 AM

  14. Hai Rif, apa kabar?
    Kok buku dikoleksi? Ga pake dibaca ya? Hehehe…
    Thanks for visiting my blog!
    Take care,

    October 11, 2007 at 8:07 AM

  15. nato

    hallo,
    aku dari fakfak – papua, kira2 gimana bisa dapat buku ini, berhubung saat ini sedang terjun di dunia radio siaran, jadi perl banya referensi, thanks

    November 16, 2007 at 5:24 PM

  16. Satria

    Salam kenal mbak Nita,

    Saya mau bikin tesis tentang Radio Komunitas di Aceh Pasca Tsunami. Mungkin kita bisa diskusi tentang pengalaman-pengalaman mbak. Bukunya juga pengen aku borong semua. Boleh ya? Kebetulan saya tinggal di Setiabudi, Jaksel.

    Kalau ada informasi tolong share ke email.

    Terima kasih

    Deddy Satria M
    dedsatria@yahoo.com

    November 29, 2007 at 3:24 PM

  17. Oka

    Salam kenal
    Saya D. Hermawan, Radio Istakalisa Yogyakarta. Sayang sekali saya baru menemukan Blog mbak Nita hari ini, mudah2an buku diatas masih ada copynya, saya bermaksud memilikinya, bagaimana caranya ya mbak?, saya tunggu kabarnya, maturnuwun

    December 2, 2007 at 3:09 AM

  18. dodo

    salam kenal bu nita..
    saya mahasiswa jurusan ilmu komunikasi univ. airlangga surabaya. Pada semester ini saya berencana mengambil skripsi, topik yang akan saya ambil profil pendengar radio media fm (salah satu station radio di sby) bisa ga saya membeli buku tersebut
    ?ato gmn cara mendapatkannya,mgkn bisa membantu saya dlam penyelesaian skripsi.thx be4

    March 3, 2008 at 3:23 PM

  19. endang

    aq tertarik dengan buku ini, apa sekarang masih ada ya? aq di jogja ni, gimana caranya tuk dapetin buku ini. tolong ya diusahain.perlu banget ni thanks.

    June 4, 2008 at 7:21 AM

  20. kartini

    kami perlu buku tersebut, dapatkah dikirim ke Multi Media Training Centre(MMTC) Jl. Magelang Km 6 Yogyakarta. trims ya. kami tunggu

    July 24, 2008 at 2:09 AM

    • dear kartini,
      saya memerlukan keterangan lebih detail untuk keperluan pengiriman buku.
      mohon mengirimkannya ke kitadanmedia@yahoo.com
      thanks

      July 4, 2009 at 12:48 PM

  21. siwibi

    Ms. Nita sekarang bukunya masih ada tidak ya? Tertarik ni..

    January 7, 2009 at 6:25 AM

  22. Mbak Nita…..kenalin aku Marini dari AutoRadio 88.9 FM Bandung….
    Mbak…aku butuuuh bgt buku tentang riset itu…
    masih ada nggaa?..plis plis pliss….
    [Mbak…, banyak yang nanyain tuh dari sabang sampe merauke…hehehehe…

    harganya berapa tahun 2009 ini?
    harap cepet di respon ya mbak…

    terimakasih, mbak cantiik…😉

    January 7, 2009 at 3:37 PM

    • dear marini,
      bukunya gratis, jadi nggak akan pernah ada harga baru. cuma butuh ongkos kirim doang..🙂

      July 4, 2009 at 12:44 PM

  23. rizka

    mba dari terminal blok m naik apa yach?tolong ya mbak buat data skripsi.terima kasih banyak………………

    January 14, 2009 at 5:20 PM

    • rizka,
      untuk ke kantor saya dari Blok M, wah… naik apa ya? Naik metromini 66 aja, turun di jl. Patimura, untuk kemudian jalan kaki untuk sampai ke Jl. Galuh.
      kalau mau naik bajaj dari Blok M, paling bayar 5000, udah sampai depan kantor.

      July 4, 2009 at 12:42 PM

  24. Hai mbak, aku kmaren pernah pelatihan riset sama RDP & Associates, nah aku sekarang aku pengen riset khalayak untuk radioku tapi masalahana aku gag ada kisi2na mbak bisa bantu?

    Terima kasih…

    January 16, 2009 at 10:57 AM

    • hai Endrio,
      maaf terlambat balas. tapi mudah2an masih tetep bisa bantu.
      silakan kirim detail alamat, dll. ke kitadanmedia@yahoo.com

      thanks

      July 4, 2009 at 12:37 PM

  25. amy

    Mbak, saya pesan buku radio, riset khalayak dan persaingan media ya..saya sudah kirim e-mail…saya tunggu kabarnya…terima kasih..^_^

    February 10, 2009 at 3:26 PM

  26. lidia

    Iya mbak..
    ak juga lg ngambil skripsi tentang radio,
    jd ak butuh semua data-data yg berhubungan dengan radio..
    masih ada ga ya mbak bukunya?
    thxs b4..^^

    February 22, 2009 at 5:20 PM

    • hello lidia,
      maaf, terlambat balas. kalau cuma meminta buku, sebetulnya sudah sejak lama saya tuliskan cara untuk mendapatkannya di bagian terbawah artikel ini. bukunya masih ada. tapi pastinya, skripsi lidia sudah selesai kan? selamat.

      July 4, 2009 at 12:35 PM

  27. siska

    Aku butuh banget buku itu. masih ada? berapa hari kira-kira pengirimannya di semarang..

    April 14, 2009 at 8:40 AM

    • hai siska,

      kalau masih membutuhkan buku ini, silakan kirim detail permintaannya ke kitadanmedia@yahoo.com, seperti keterangan yang sudah saya tulis ai akhir artikel ini.
      terima kasih

      July 4, 2009 at 12:31 PM

  28. amy

    Mba…saya tunggu kabarnya segera ya…

    April 18, 2009 at 3:45 PM

  29. mba,, aq mu mesen dunk bukunya…

    aq perlu bgt bukunya,,,masih ada ga???

    klo ke bandung berapa hari nympenya???

    mkasih mbak…

    April 22, 2009 at 2:13 PM

  30. mba,,saya mu pesen buku ini buat tugas akhir saya,,

    msh ada ga bukunya mba??

    klo ke bdg berapa hari nyampenya???

    makasih ya mbaaa

    April 22, 2009 at 2:20 PM

    • hai gadis..
      maaf, baru balas.
      sebetulnya, di bagian paling akhir artikel saya ini, saya sudah memberikan petunjuk cara mendapatkan bukunya. kalau masih dibutuhkan, silakan kirim detail permintaannya ke kitadanmedia@yahoo.com

      thanks,

      July 4, 2009 at 12:29 PM

  31. Marini Bestarie

    Ini pesan saya yang ke dua kalinya, yang pertama adalah pada tanggal 7 Januari 2009. Tetapi hingga detik ini saya belum mendapatkan jawaban mengenai buku anda yang saya pesan.

    jika memang anda sudah tidak memproduksi ataupun masih memproduksi buku mengenai Riset Radio ini…, mohon di konfirmasikan.

    Sebelum dan setelahnya, saya ucapkan terim kasih

    Marini Bestarie
    Research anda Development of
    PT. Sentra Auto Graha
    Jl. Cihampelas 264-268-Bandung

    May 16, 2009 at 2:43 PM

    • dear Marini,
      mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena baru sempat membalas.
      di akhir artikel ini, saya sudah memberikan informasi tentang teknis pengiriman buku. silakan kirimkan detail permohonannya ke: kitadanmedia@yahoo.com

      terima kasih

      July 4, 2009 at 12:27 PM

  32. amy

    sebenarnya blog ini masih aktif gak sih??dari beberapa komen yg ada kok ga direspon…mbak nita ke mana nih??byk yg butuh sama bukunya loh..termasuk saya sendiri..

    May 27, 2009 at 2:50 AM

    • hello Amy,
      mohon dimaafkan, baru sempat membalas.
      silakan mengirimkan detil alamat untuk pengiriman buku ke: kitadanmedia@yahoo.com

      terima kasih banyak

      July 4, 2009 at 12:23 PM

  33. hevy

    mba nita, aku lg ngerjain skripsi tentang riset khalayak radio nih..
    mu pesen bukunya masih bsa ga yah?

    July 7, 2009 at 11:10 PM

  34. hevy

    mba nita, kan uangnya udh aku transfer ke rekening mba nita..
    tp kok bukunya belum sampe aja yah?
    mohon konfirmasi secepatnya..

    July 14, 2009 at 5:54 PM

  35. yunita

    Dear Hevi,
    Buku sudah dikirim hari ini, meskipun saya belum menerima bukti transfer pengganti ongkos pengiriman buku seperti persyaratan No.2. Dalam rekening saya pun, tak tertera nama “HEVY” sebagai salah satu pengirim. Mohon klarifikasinya.
    Terima kasih.

    July 16, 2009 at 12:08 PM

  36. Mbak Tina

    Mbak Yunita….
    saya ingin mendapatkan buku itu, klo di Surabaya, radio – radio mana yang pernah diadakan pelatihan? agar saya bisa membaca atau meminjam.

    December 2, 2009 at 9:53 AM

  37. zhui

    salam kenal mbak nita. mbak kiranya boleh tau apkah bukunya msih ada. aQ lgi btuh utk bhan skripsi

    May 13, 2011 at 7:45 PM

  38. joni rusdiana

    salam kenal mb nita, saya joni. saya sangat tertarik dan ingin mendapatkan bukunya. sesuai arahan mb nita saya imel ke kitadanmedia@yahoo.com tapi kok selalu gagal ya. konfirmasi dari yahoo katanya tidak ada alamat imel itu

    August 30, 2013 at 7:45 AM

  39. Kandi Aryani S

    Maaf, saya baru tahu ttg buku ini. Apakah msh memungkinkan utk mendapatkannya mengingat ini tdk dijual secara bebas di toko buku. Saya pengajar di jurusan ilmu komunikasi, UNAIR, surabaya dan membutuhkan buku ini utk mata kuliah yg saya ajar. Mohon info, terima kasih banyak

    September 7, 2014 at 11:14 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s