artikel | catatan | sekadar komentar | tentang media

Buku: Memahami Khalayak Anda

Tidak banyak buku yang dengan telaten menjelajahi tiap detil yang berkaitan dengan riset khalayak (audience), dalam hal ini riset pendengar radio. Sampai saat ini, setahu saya, hanya ada dua buku – yang salah satunya adalah buku yang ditulis oleh Dennis List ini – yang dengan rapi dan lengkap yang menjelaskan bagaimana caranya menjalankan riset sendiri.

Kalau televisi sudah sedemikian rupa ‘diukur’, tidak demikian dengan radio. Belum ada lembaga riset yang mau ‘investasi’ data pendengar radio seperti halnya menginvestasi data penonton televisi. Karena itulah, data pendengar radio tak mudah didapatkan semudah mendapatkan data penonton televisi. Kalaupun ada, sisi kelengkapannya jauh dari yang dibutuhkan.

Seringkali, sebuah laporan riset dipresentasikan tanpa mengikutsertakan metodologi yang digunakan. Sebuah kesalahan yang fatal, karena dengan demikian pembaca hasil riset tidak akan mungkin dapat membaca hasil riset tersebut dengan ‘benar’. Dalam bab awal buku ini dijelaskan bagaimana sebuah laporan riset ditulis, diawali dengan beberapa sub-bab seperti: alasan menjalankan riset, topik-topik riset, bagaimana merencanakan riset, metoda yang paling baik, dan siapa yang harus menjalankan riset.

Tak perlu merasa ‘tak mampu’ bagi pembaca yang tak pernah belajar statistik atau penelitian. Pada bab Merancang Sampel, pembaca akan dapat memahami hal-hal paling mendasar dan istilah-istilah yang digunakan dalam kegiatan riset: populasi, kerangka sampel, jenis-jenis sampel, pengambilan sampel (acak dan non-acak), memilih responden, dll.

Bagaiman merencanakan kuesioner, merevisinya, membuat format pertanyaan, bagaimana menyusun pertanyaan, tata letak, sampai menguji kuesioner diberikan dengan gamblang di Bab III. Pada bab selanjutnya, pembaca akan dapat memahami bagaimana melakukan wawancara, mulai dari lokasi dan jenis tugas lapangan, menyiapkan log wawancara, bagaimana menggali pertanyaan, melakukan verifikasi, juga bagaimana caranya membujuk responden yang enggan melayani kita.

Bila data telah terkumpul, bagaimana menganalisisnya? Pada baba V, terbentang cara-cara menganalisis data survey. Pembaca akan dituntun untuk memeriksa dan menyunting data, memasukkan data (data entry), kemudian menerjemahkan hasil survey dan menganalisis survei secara manual. Bab ini kemudian dilanjutkan dengan bab Penyajian Temuan. Hati-hati, analisis survey perlu disajikan dengan benar, sesuai dengan pihak yang dituju. Bagaimana seharusnya laporan survey disajikan, dan tata letak laporan tertulis, mengambil bagian dalam bab ini. Apa yang sebaiknya disajikan? Kata-kata, angka atau gambar? Bagaimana menyajikan grafik dan bagan?

Buku ini tidak hanya menuntun pembaca dalam menjalankan survey. Separuh halaman buku ini juga menyajikan informasi tentang metode-metode riset selain survey, yang sangat mungkin dijadikan pilihan, mengingat survey merupakan metode yang cukup kompleks dan biasanya butuh biaya lebih besar. Metode lain yang disajikan dalam buku ini adalah: survey lewat telepon (jenis yang banyak disukai praktisi radio), survey melalui surat, survey fans/pengunjung, observasi, wawancara mendalam, diskusi kelompok (FGD), atau teknik yang paling baru: riset melalui internet.

Beberapa lembar halaman dari buku aslinya, “Know Your Audience” dapat diunduh di alamat ini: http://audiencedialogue.net/kya.html

18 responses

  1. hello yunita.. saya butuh bantuan anda,, saya lagi menyusun skripsi dan mengambil tema mendirikan sebuah radio swasta baru di kota semarang. sampai saat ini saya belum menemukan metode riset seperti apa yang harus dilakukan jika ingin mendirikan sebuah radio baru..? apakah cocok format radio yang ingin saya dirikan dengan kondisi semarang dan sekitarnya? mungkin anda bisa memberikan informasi seperti apakan studi kelayakan pendirian sebuah radio.. meliputi hal apa saja..

    terima kasih..

    September 19, 2006 at 2:23 AM

  2. Elsa

    Hai Yunita..
    saya boleh minta tolong tidak??saya baru akan membuat skripsi tentang radio..rencananya akan lebih kepada iklannya. Seperti, kenapa radio tidak dijadikan media utama untuk beriklan?? kenapa radio jarang untuk mengiklankan dirinya?? menurut anda, metode seperti apa yang harus saya gunakan?? apakah perlu mengklasifikasikan sample (disini radio) seperti, radio anak muda, radio bisnis, berita, dsb. Dan menurut anda hal-hal apa yang perlu di masukkan dalam penelitian ini?? Sample yang ingin saya ambil hanya 1 daerah , antara Jogja / Solo.
    Saya mohon bantuan Anda, untuk membantu saya dalam menyusun draft skripsi ini. Terimakasih sebelumnya..

    November 28, 2006 at 2:54 AM

  3. dinna

    hai…
    saya dinna, saya butuh banget nih data tentang rating radio, especially radio Hard Rock FM, untuk kebutuhan skripsi. bisa minta tolong, gimana dan dimana saya bisa dapet data mengenai rating radio tersebut? terima kasih

    November 28, 2006 at 10:51 AM

  4. Untuk Elsa tentang Radio sebagai Media Ikkan:

    Elsa, sebelum menetapkan topik skripsi Anda, mungkin ada baiknya Anda buka-buka sebentar buku Radio, Riset kahalayak dan Persaingan Media, yang bisa dilihat sinopsisnya di blog ini juga: https://yunitamandolang.wordpress.com/page/2/

    Dari buku itu mudah-mudahan ada gambaran yang lebih lengkap tentang radio dan bagaimana pengiklan “melihat” radio sebagai media iklan. Sehingga Elsa bisa mengetahui dengan tepat, siapa yang seharusnya jadi responden Anda, untuk topik yang sedang ingin Anda kerjakan ini.

    Sesudah membacanya, kita bisa mendiskusikannya lagi.

    Good luck, ya.

    December 6, 2006 at 3:42 AM

  5. Untuk Dinna tentang rating Hard Rock:
    Dinna, sayang sekali, saya tidak bisa membantu Anda.
    Kemungkinan besar, yang punya data itu hanya Hard Rock, pengiklan, dan Nielsen Media Research sebagai lembaga yang mengukur pendengar radio, dan lembaga lain yang mungkin meriset Hard Rock juga.

    Semoga berhasil ya!

    December 6, 2006 at 4:05 AM

  6. irsyad

    Hallo, Yunita,

    Apakah buku terbitan Unesco itu bisa dibeli di toko buku? Di mana kira-kira saya bisa mendapatkannya? Saat ini saya perlu belajar dari buku tersebut. Saya adalah pekerja kontrak untuk pengembangan radio, khususnya radio komunitas. Saya merasa, materi di buku ‘Memahami Khalayak Anda’ itu berguna bagi saya, dan tentunya pengelola radio komunitas, untuk merancang sebuah program, yang sesuai dengan kebutuhan khalayaknya.

    Terima kasih

    March 16, 2007 at 4:05 AM

  7. Irsyad, buku Memahami Khalayak Anda, tidak dijual di toko buku. Buku ini dibagikan gratis kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Sayangnya, buku ini telah habis, maklum, Unesco menerbitkannya sudah lebih dari 5 tahun lalu…

    Beberapa lembar halaman dari buku aslinya, “Know Your Audience” dapat diunduh di alamat ini http://www.audiencedialogue.org/kyab.html

    Untuk memudahkan Irsyad, topik apa yang ingin diketahui lebih dulu?
    Mungkin saya bisa meng-upload-nya di blog ini.

    March 20, 2007 at 3:03 AM

  8. dodo

    hallo yunita…saya seorang mahasiswa sedang skripsi dan topik yang saya ambil mengenai radio komunitas, hampir sama dengan irsyad, kira-kira apakah buku tersebut masih mungkin dibeli, ataupun kl bisa didownload hrs kemana,atas informasi yang diberikan saya ucapkan trima kasih…

    May 1, 2007 at 6:06 AM

  9. hai Dodo,
    buku ini bisa dibaca di perpustakaan UNESCO.
    silakan datang ke Jl. Galuh II No. 5, Kebayoran Baru, Jakarta.
    saya tunggu.

    May 1, 2007 at 11:06 AM

  10. halo mba yunita saya rinda…..lagi pusing nyari artikel tentang waktu rata-rata yang paling efektif seseorang mendengarkan radio….dalam kurun waktu 1 minggu (paling efektif biasanya audiens mendengarkan radio berapa hari ? ) dan dalam waktu sehari paling efektifnya berapa jam gitu?? pernah ada penelitiannya ga yaa??punya data nya mba??plissss bgttt niy….mau aku pake buat skripsiku….pliiiss bgtt yaa…thx alot…GBU!!!

    July 16, 2007 at 7:55 AM

  11. Rinda,
    Segera beli Majalah Cakram edisi Radio 06/2007.
    Pada halaman Riset (30-31), terdapat artikel berjudul “Naik Turun Pendengar Radio”.
    Kota-kota yang disurvey adalah: Bandung, Denpasar, Jakarta, Medan, Makassar, Palembang, Surabaya, Semarang dan Yogya.
    Nah, kota manakah yang relevan dengan skripsi Rinda?

    Kalau Rinda membutuhkan data lebih lengkap, ada baiknya langsung menghubungi Nielsen Media Research.

    Kalau ada pertanyaan lebih lanjut bisa hubungi saya di yunita.mandolang@gmail.com

    Selamat berjuang!

    July 22, 2007 at 8:02 AM

  12. Agung

    Hallo…blh tau buku ini masih terbit nggak ?
    sbab kl aku cari kok sekarang sdh nggak ada?
    Bisa kasih file PDFnya nggak ? kl nggak keberatan
    Thq

    August 6, 2007 at 6:26 AM

  13. Sorry Agung, sayang sekali tidak tersedia format PDF-nya.
    Kalau Agung di Jakarta, atau suatu saat mampir ke Jakarta, bukunya bisa dibaca di perpustakaan UNESCO Jakarta.

    Terima kasih sudah mampir ke sini.

    October 19, 2007 at 10:19 AM

  14. farida

    hai yunita..
    saya lagi bikin skripsi tentang radio neh..saya tertarik dengan satu radio di tempat saya di pekalongan yang make bahasa daerahnya. radio ini sudah menjadi icon bagi kalangan menengah ke bawah di sana. saya ingin survei sama audiensnya.tapi saya masih bingung mau dihubungin sama variabel apa.bisa bantu ga ya?makasih banget

    January 13, 2008 at 10:33 AM

  15. khalila

    hi…
    aku khalila, mnta tlong sih apa judul yg pnts bwt skripsi saya. jrusan yg saya ambil jurnalistik ilmu komunikasi. jdul apa yg pnts ya…???

    April 24, 2008 at 5:11 AM

  16. sore, mbak
    Saya opix, kebetulan kami akan membuat radio dengan sasaran remaja + dewasa muda.
    Radio kami seperti radio satelite, cuman kami hanya menggunakan hp sebagai alat.
    Nah, kira-kira ada da pemasang iklan yg mau.
    thanks

    June 19, 2008 at 10:35 AM

  17. renggo

    Asrwrb….yun… gw lagi permulaan buat skripsi, gw mau ngambil radio tapi gw binggung masalah judul…..kasih solusi nya dong….

    October 6, 2008 at 5:48 AM

  18. cici

    Mba saya samasekali buta mengenai radio, namun mendapat kepercayaan untuk mengelola sebuah radio yang sudah mati..
    mohon guidance… email saya fitrah.aka@gmail.com
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    January 25, 2010 at 6:19 PM

Leave a Reply

