artikel | catatan | sekadar komentar | tentang media

Buku: Ethnographic Action Research

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang makin pesat. Sedemikian pesatnya, sehingga seseorang yang tak tersentuh teknologi ini, bisa dipastikan makin berkurang kesempatannya untuk dapat ‘hidup’ di dunia ini. Untuk memberikan kesempatan yang sama pada setiap orang dalam mengakses teknologi informasi dan komunikasi, UNESCO sejak 2001 telah membangun sentra-sentra multimedia komunitas dan sentra telekomunikasi di 15 negara Afrika, Asia dan Karibia. Embrionya adalah radio komunitas di Kothmale, Sri Lanka. Dari sebuah radio komunitas, tempat komunitas setempat dapat mendengar dan membuat program yang berisi suara-suara mereka sendiri, radio ini kemudian dilengkapi alat-alat telekomunikasi, seperti telepon, mesin fax, lalu meningkat dengan adanya komputer. Beberapa sentra multimedia komunitas lainnya, bahkan mampu memproduksi film sendiri. Semua ini berkaitan dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk tidak hanya mengakses informasi dari luar, tapi juga mampu menyalurkan pendapatnya melalui berbagai bentuk format (audio, video, print, dan sebagainya) yang diproduksi sendiri.

Lalu, bagaimana mengukur keberhasilan proyek-proyek tersebut? Ethnographic Action Research adalah jawabannya. Buku ini membahas semua hal yang berkaitan dengan konsep, metodologi, proses, perencanaan, metode yang digunakan, sekaligus kaitannya dengan media dan teknologi informasi dan komunikasi. Ilustrasi dan contoh-contoh nyata banyak digunakan untuk dapat membantu pembaca memahaminya dengan cepat.

Digambarkan dalam buku ini, bahwa peneliti yang berada di lapangan, dalam konteks proyek sedang berjalan, membutuhkan penggunaan serangkaian metode yang fleksibel dan responsif. Setiap pengalaman, percakapan dan pertemuan dapat dianggap sebagai ‘bahan’ atau ‘data’ selain aktivitas riset yang lebih formal, seperti misalnya, wawancara. Kesemuanya itu dapat dicatat di catatan lapangan untuk keperluan analisis.

Pendekatan-pendekatan riset yang lebih konvensional dan lebih berkaitan dengan statistik, contohnya konsep seperti ‘akses internet’, bisa jadi dimaksudkan untuk mengukur sesuatu yang disebut sebagai ‘kesenjangan digital’. Konsep seperti ini biasanya dipakai sebagai ‘indikator’. Istilah ‘akses internet’ juga dipakai secara baku di banyak negara berbeda, yang biasanya diteliti dengan cara mengumpulkan data statistik tentang jumlah rekening ISP di tiap negara. Tapi, etnografi menanyakan, “Apa yang dimaksud dengan ‘akses internet’ di sini, di daerah ini? Bagaimana mereka mendapatkan internet? Apa yang mereka maksudkan dengan ‘internet’?”

Komponen riset aksi – siklus perencanaan, melakukan, observasi dan refleksi – memungkinkan sebuah riset yang kaya data memberi pengaruh balik ke dalam aktivitas proyek secara terus-menerus. Tak ada cara yang ‘benar’ dalam menerapkan riset aksi etnografis, dalam artian bahwa setiap proyek dan sifat kelokalannya akan menghadirkan kesempatan dan tantangan yang berbeda, dan sumberdaya yang beragam.

Riset aksi etnografis juga dirancang untuk menjadi metodologi yang dapat dialihkan dan penggunaannya tidak terbatas hanya pada proyek yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengurangi kemiskinan.

Content

Preface: Putting ICTs in The Hands of The Poor

Intoduction: A basic intoduction to Ethnographic Action Research | Questions to guide Ethnographic Action ResearchContent

Ethnographic Action Research and ICTs: Ethnography | Action Research | Studying ‘Communicative ecologies’ | Broad and targeted research | Integrating research culture into your project | Role of the local researcher: Social-cultural animator | Research Ethics

The Research Process: Planning reserach | Collecting and documenting data | Organising, coding and analysis of data | Planning and action

Methods toolbox: Key methods | Participant observation | Field Notes | In-depth interviews | Group Interviews | Diaries and ‘self-documentation’ | ICT and media contet analysis | Questionnaire surveys | Published information and documentary material | Feedback mechanisms

Metode Field Notes dapat dibaca di artikel Metode Riset Aksi Etnografis: Catatan Lapangan di halaman ini juga.

Versi lengkap PDF-nya [1.839 KB] dapat dikirimkan langsung ke mailbox Anda.

25 responses

  1. Halo, salam kenal Mba Yunita, blog Anda bagus sekali. Senang bisa mengenal orang yang “seminat” terutama di bidang riset. Mungkin ini sangat terlambat, tapi saya berminat dengan buku ini bagaimana cara mendapatkannya?

    Terima kasih
    Aryan Moale

    http://www.researchexpert.wordpress.com
    http://www.harianuszebua.gmail.com

    July 26, 2007 at 7:58 AM

  2. Terima kasih Aryan, sudah mampir.
    Saya sudah kirimkan ebook-nya langsung ke email Anda.
    Semoga bermanfaat ya..

    Salam,

    July 27, 2007 at 3:22 AM

  3. Salam hangat mbak Yunita,

    Saat ini saya sedang tertarik dan ingin belajar soal riset etnografi. Sama dengan mas Aryan,saya juga berminat dengan buku “Ethnographic Action Research”. Untuk itu saya minta bantuan mbak Yunita,guna mengirimkan e-book-nya ke email saya. Bisakah mbak?

    Terima kasih

    Mahendra Hakim
    “Cogito ergo sum”

    September 14, 2007 at 11:11 PM

  4. Salam kenal. Saat ini saya sedang berpikir akan mengadakan classroom action research dan saya sedang membaca literatur tentang action reaserach. Bisakah Mbak Yunita membantu saya mengirimkan ebook action research ini ke email saya. atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih dan semoga kebaikan hati Mbak Yunita dibalas oleh Allah YME. Amin.

    November 22, 2007 at 1:23 AM

  5. anis ichwati

    Dear Mbak Yunita,

    Saya juga berminat dengan action research niy… Saya minta ebook buku ini juga dooong.. Please…. Thanks a million..

    Salam,

    Anis

    January 4, 2008 at 6:03 AM

  6. siwibi

    mbak nita, thanx atas artikelnya. bisa minta versi lengkap pdf nya.
    makasih sebelunya

    siwibi@yahoo.com

    January 9, 2008 at 7:55 AM

  7. Dear Mahendra Hakim, Widayati, Anis dan Siwibi,

    Saya sudah mengirimkan e-book yang diminta.
    Semoga bermanfaat.

    Best,

    January 11, 2008 at 9:15 AM

  8. ronteg

    bisa kirim ke email saya ronnyteguh at yahoo dot com saya tertarik

    February 13, 2008 at 9:37 AM

  9. ryan

    Mba, saya bisa minta ebook buku?, sebelum dan sesudahnya terima kasih

    February 22, 2008 at 2:53 AM

  10. Salam kenal Mba Nita,

    Posting yang menarik, jikalau memang berkenan..saya juga berminat untuk pdf filenya…saya ucapkan terima kasih🙂

    BR,
    Rici

    April 17, 2008 at 4:48 AM

  11. kasih

    Pagi…… mba`
    waduh ni kasih dah telat ya? Mb saya mau juga ya versi pdf nya……
    makasih ya mba`,Semoga kebaikan mb di segera mendapat Ridhlo Tuhan

    May 16, 2008 at 3:43 AM

  12. agusjokos

    Salam mbak,
    saya tertarik dengan buku ini dan kalau masih bisa mohon dikirimkan versi lengkapnya (pdf). saya berharap bisa berbagi dengan teman-teman yang lain untuk saling melengkapi. terima kasih.

    sukses selalu,

    May 24, 2008 at 10:07 AM

  13. teguh

    salam mbak yunita
    saya lagi mengerjakan tesis nich, btw buku action research nya bagus juga buat pustaka saya, sudi kiranya saya minta ebook (dalam bentuk .pdf,chm,dll) ke email saya
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih….

    June 18, 2008 at 9:40 AM

  14. wayan

    mbak, saya sangat berminat dengan action research, cos sebagai penunjang kegiatan sebagai seorang guru. Gimana cara dapetnya mbak, katanya ada pdf filenya? bisa dikirim nda? thanks
    rgds,

    June 19, 2008 at 2:17 AM

  15. win

    halo mbak, masih boleh saya dapatkan versi pdf nya kan, trims

    June 23, 2008 at 2:10 AM

  16. Ucha

    saya tertarik dengan ethnographic Action Research dan saat ini saya lagi belajar metodologi penelitian di Pasca TP UNJ. Mbak, minta tolong kirimin e-booknya dong. terimakasih banyak.

    September 16, 2008 at 8:11 AM

  17. dini

    Saat ini saya sedang melakukan penelitian aksi dengan beberapa teman di 6 propinsi di indonesia, membaca artikel mba ttg ethnographic action research saya sangat tertarik. Tolong saya dikirimin e-booknya. Terimakasih banyak.

    November 4, 2008 at 1:29 AM

  18. Mbak Yunita yang baik hatinya,

    Mohon dikirimkan file pdf dari buku etnogrphic action research. Mohon dikirimkan ke email: wijayalabs@gmail.com atau wijayalabs@yahoo.com
    Terima kasih atas bantuannya.

    Wijaya Kusumah
    Mahasiswa Pascasarjana UNJ

    December 23, 2008 at 12:32 AM

  19. Andri Yanto

    Salam kenal,
    DH Mbak Yunita,
    saya sangat membutuhkan buku yang Mba ulas di atas, saat ini saya dalam proses pembuatan usulan penelitian untuk thesis S2 Ilmu Informasi dan Perpustakaan di Unpad.
    Mohon kiranya Mba dapat mengirimkannya ke email saya andri.yanto@unpad.ac.id atau andri.zawawi@gmail.com.

    HS
    AY

    March 1, 2009 at 7:19 AM

  20. Hasan

    Wah , menarik sekali, saya juga lagi ingin mendalami Penelitian Kualitatif. Boleh daftar untuk minta e-book nya ke e-mail. Saya tunggu secepatnya. Kebetulan akhir bulan ini saya ingin bikin artikel bahan diskusi. terima kasih

    April 13, 2009 at 2:09 AM

  21. arya

    halo…..
    salam kenal mba yunita, saya arya dari unuversitas hasanuddin makassar. sy tertarik dengan riset etnografi, apalagi itu penting buat sy dalam mengolah film dokumenter….. sy harap mba mau kirim e book nya ke email ku…. pastinya akan sangat membantu, he2…. sy tunggu ya mba? makasih sebelum dan sesudahnya…..
    best regards,

    arya

    May 31, 2010 at 11:18 AM

  22. miranda dian

    salam kenal mbak nita, saya sedang mempelajari action research, yang sudah saya ada bnayk sekali jenis2 action research, ada perticipatory, practice, dan mutual collaboration, trus ada juga yg PTK, saya jadi semakin bingung… bisakah mbak nita mengirimkan ebook yang bisa saya baca tentang action research agar saya lebih mengerti lagi, apa beda antara penelitian2 tersebut, paling tidak saya mendapatkan gambaran
    email : dian_arale@yahoo.com
    trims mbak atas bantuannya

    December 2, 2010 at 7:17 AM

  23. miranda dian

    salam kenal mbak nita, saya sedang mempelajari AR, yang sudah saya ketauhi ada banyak jenis AR, dan saja masih bigung membedakannya, bisakah mbak mengirimkan ebook yang bisa saya baca agar pemahaman saya tentang AR lebih luar, dan bisa minta contoh jurnal AR yang sudah ada??
    trims mbak
    email saya dian_arale at yahoo dot kom
    trims atas bantuannya mbak

    December 2, 2010 at 7:21 AM

  24. a.muzafiemustakim@yahoo.co.id

    Mbak Nita, saya tertarik membaca buku ini. Kalau boleh, kirimi saya file pdfnya.
    Mustakim, peneliti lepas, Bengkayang Kalbar

    November 14, 2013 at 12:23 AM

  25. yenni

    Mbak, saya bisa minta e-book mngenai ethnographic action research untk membantu tugas kuliah saya..
    Trmksih .

    May 9, 2014 at 1:03 AM

Leave a Reply

